Jalur Pendaftaran PTN

Bagi kamu siswa kelas XII yang saat ini sedang terombang-ambing di tengah kerasnya hidup. Ane yakin sebagian *besar* dari kalian saat ini sedang dilema, cenat-cenut dan pengen banget semua penderitaan jiwa kalian ini berakhir. Gimana engga menderita ? Bentar lagi mau UN, materi banyak yang belom paham, ngejar materi, ikut les/bimbel ini itu, kebayang-bayang sama masa depan, dihantui sama seleksi univ. impian. Bener-bener dapet cobaan yang berat kalian gerasi 97/98/99. Untung ane udah luluss ... wkwk

"Hasil tidak akan pernah menghianati usaha dan Allah sesuai dengan prasangka hambanya". Quotes andalan ane pas kelas XII nohh. Oh yaa, satu lagi "Do The Best God The Rest" Tugas kita hanyalah untuk berusaha, melakukan hal yang terbaik dalam mencapai tujuan, setelah itu kita serahkan semuanya kepada Allah swt. Yakinlah, apapun hasilnya nanti.. itulah yang terbaik. 

Okee dehh.. kembali ke topik utama *jrenggjrengjrenggggggggggggg*
Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru itu ada banyak bangett sebenarnya.. Baik itu PTN, PTS, PTK, So, sering-sering aja pantengin internet, jangan lu nggak lolos seleksi gara-gara nggak tau jadwal. Dan disini ane cuma bahas PTN aja yakk..

Yang pertama dan paling awal yaitu SNMPTN. Kepanjangannya yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Di dalam SNMPTN, mekanisme seleksi calon mahasiswa PTN berdasarkan dari nilai rapor, nilai UN, prestasi  siswa selama SMA. Sesimpel itukah? Tidak juga,variabel penilaian SNMPTN sendiri juga kurang diketahui khalayak umum ( seperti indeks sekolah, prestasi alumni,dan lainnya) Tapi inti dari semua penilaian SNMPTN adalah, seleksi ini menggunakan komponen apa yang sudah kita raih selama duduk di bangku SMA, tanpa test. Dulu sebelum tahun 2013 jalur ini dikenal sebagai SNMPTN Undangan. SNMPTN menyediakan kuota 50% dari kapasitas bangku kuliah yang disediakan. Jadi 50% calon mahasiswa diambil melalui seleksi SNMPTN ini. Angka 50% ini bukan setengah dari yang mendaftar, namun “setengah dari kursi yang disediakan PTN”. Jadi berapa kursi yang disediakan PTN? Umumnya perjurusan kurang lebih 40-200 kursi. Nah, 50% dari kursi yang disediakan akan diberikan pada mereka yang lolos jalur SNMPTN, sisanya akan diberikan pada mereka yang lolos di jalur lain seperti SBMPTN atau UM. Seleksi ini GRATIS kok !! Jadi setiap siswa kelas XII diwajibkan untuk mengikuti seleksi ini.


Banyak yang masih belum tahu, seleksi yang menggunakan raport lainnya dikenal dengan sebutan SPAN-PTKIN. SPAN-PTKIN merupakan kepanjangan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Seleksi ini khusus untuk Perguruan Tinggi Agama Islam, yang diselenggarakan Kementrian Agama. Hampir sama dengan SNMPTN, seleksi ini menggunakan nilai raport dan yang lainnya. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional diikuti oleh seluruh PTKIN. Pelaksanaannya harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN. Dan satu lagi, seleksi ini GRATIS!!

Untuk yang kurang beruntung dalam pertarungan SNMPTN dan SPAN-PTKIN.. masih ada seleksi lain kok, tapi seleksi ini menggunakan tes. 

Ada yang namanya SBMPTNSingkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Walaupun hanya memiliki perbedaan 1 huruf dari SNMPTN, tetapi memiliki perbedaan yang jauh dibanding dengan SNMPTN. SBMPTN ini sendiri merupakan seleksi masuk PTN yang umum, yakni menggunakan nilai ujian tertulis yang diselenggarakan serentak oleh semua PTN. Jadi variabel nilai semasa SMA tidak diperhitungkan, yang diperhitungkan adalah nilai dari hasil ujian tulis masuk PTN yang kalian bisa raih. SBMPTN sendiri dianggap lebih fair oleh sebagian banyak siswa karena kompetisi masuk berdasarkan kemampuan yang dimiliki di hari itu yang dapat dipersiapkan sebelumnya. Sebenarnya sama fair-nya dengan SNMPTN, namun di dalam SNMPTN, sulit untuk mendapatkan prediksi mengenai lawan dan target yang harus dicapai untuk mengalahkan lawan.Sedangkan di SBMPTN, kalian bisa mempersiapkan jauh hari untuk mengikuti testnya, kalian bisa memprediksi target untuk mengalahkan lawan melalui jumlah soal yang harus di jawab dengan benar. Dan dalam SBMPTN penilainnya jelas, yakni berdasarkan point yang didapat setelah mengerjakan soal. Oh iya, perlu diketahui, SBMPTN memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi daripada UN. Bisa digambarkan bahwa UN adalah Pulau Jawa, SBMPTN adalah negara Indonesia. Jadi materi UN merupakan bagian kecil dari SBMPTN. Di SBMPTN juga dikenal sistem pengumpulan point, dari jawaban benar mendapat 4 point, jawaban salah dikurang 1 point dan kosong tidak mendapatkan point. 

Selain itu terdapat satu jalur lewat tes tertulis lagi yang dikenal dengan Ujian Mandiri. Ujian Mandiri PTN merupakan suatu seleksi yang diadakan dan dikelola sendiri oleh PTN tersebut. Ex : Misalkan UNDIP ngadain seleksi penerimaan MaBa lewat jalur Mandiri, maka seleksi itu dilaksakanan langsung di lingkungan kampus UNDIP itu sendiri. Paham !! Dan seleksi ini beranekaragam juga, tergantung jumlah kursi yang masih tersisa. Biasanya sih hanya 20% dari jumlah kursi yang disediakan di PTN. Dan INGAT !! Bisa jadi UM PTN dilaksanakan lebih dari satu kali, apabila suatu PTN memiliki program D3 dan S1 dalam penerimaan MaBa, maka UM bisa dilaksanakan dua kali. Program D3 satu kali dan S1 sekali. 

Seleksi Mandiri melalui nilai SBMPTNSeleksi melalui nilai SBMPTN merupakan seleksi tanpa tes dengan melihat nilai SBMPTN 2015. Tentu saja karena melihat nilai SBMPTN, maka sebelumnya kamu harus mengikuti SBMPTN 2015, terserah pas SBMPTN 2015 kemarin daftar dimana saja, asalkan ikut SBMPTN. Setelah kamu daftar, PTN penyelenggara seleksi mandiri akan meminta nilai SBMPTN mu ke panitia SBMPTN 2015. Lalu dari nilai yang didapat dari panitia SBMPTN 2015, nilaimu akan diranking bersama anak-anak yang memilih di jurusan yang sama. Jika setelah diranking kamu masuk kuota diterima, maka kamu akan lolos, jika tidak, maka ga lolos. Jadi setelah daftar, kamu cenderung pasif, ga terlibat dalam proses input nilai SBMPTN, tinggal nunggu hasilnya saja.
Beberapa PTN yang menyelenggarakan seleksi mandiri melalui nilai SBMPTN sejauh ini yaitu:
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Website pendaftaran seleksi mandiri ITS di http://smits.its.ac.id/sarjana/#pkm
Universitas Sebelas Maret (UNS) Website pendaftarannya disini >> http://spmb.uns.ac.id/
Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Pendaftaran mandiri ITERA dibuka setelah pengumuman SBMPTN. Website pendaftaran disini >> http://usm.itera.ac.id/seleksi-mandiri/
Ada juga yang namanya UM-PTKIN (Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri). Sebagian orang menyebut jalur UM-PTKIN dengan sebutan UM-PTAIN. Kedua kata tersebut memiliki makna yang sama. Kita disini menggunakan kata UM-PTKIN saja. Jalur UM-PTKIN ini merupakan jalur seleksi nasional yang hampir sama seperti jalur SBMPTN. Penerimaan mahasiswa baru melalui kedua jalur tersebut dilakukan berdasarkan hasil ujian tertulis. Bedanya, kalau SBMPTN berlaku untuk penerimaan calon mahasiswa baru di semua Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, sedangkan UM-PTKIN berlaku untuk penerimaan calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia. Jalur UM-PTKIN ini dibuka setelah pengumuman jalur SPAN-PTKIN. Apabila anda tidak lulus jalur SPAN-PTKIN, maka bisa mengikuti mendaftar jalur UM-PTKIN.


Okeyy.. Itulah jalur pendaftaran PTN maupun PTKIN yang saya ketahui. Maafin yaa cuma bisa kasih info itu aja. So, keep fighting guys!! Tunjukin kalo lu bisa menjadi bagian dari almamater univ. yang lu pengenin. 


Masih banyak yg copas :x Sorry .. udah ada link sumbernya kok :x


0 komentar: